ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Perjalanan Dakwah Ke Kutai Barat Menemui Mualaf Dari Suku Dayak

Rabu, 10 Juni 2015

 

Kutai Barat. Yayasan Peduli Umat (YPU) melaksanakan kunjungan dalam rangka pembinaan dan penguatan Muslim minoritas ke Kabupaten Kutai Barat (Ramadhan 1436, 7 – 10 Juni 2015). Pada kesempatan ini Ustadz Waris Fahrudin, Ketua YPU ditemani oleh Ustadz Arif Heri Setiawan dari Pesantren Arya Kemuning. 

Tujuan pertama mendatangi Masjid Arrohmah di Desa Karangan, Kecamatan Mookmanarbulaten. Ustadz Waris menyapa dan memberikan motivasi kepada mualaf dari suku dayak. Di Desa ini umat Islam sangat sedikit namun mendapatkan perlakuan yang sangat baik dari masyarakat.

Tujuan berikutnya adalah desa Lingagau, perbatasan Kalteng dan Kaltim, perjalanan sepanjang 80 Km harus ditempuh dari kota Sendawan ibukota kabupaten Kutai Barat dengan jalur Offroad dan tidak ada pemukiman penduduk sepanjang perjalanan. Di sana hanya ada 240 Muslim dari jumlah 5000 orang dewasa. Sisi menarik dari Desa ini adalah rasa hormat dari suku Dayak terhadap umat Islam. Ketika salah seorang Dayak memiliki hajatan maka sajian khusus orang muslim di masak oleh orang muslim. Masjid di sana yang terbuat dari kayu Ulin masih berdiri kuat walaupun sudah di bangun sejak 1992. Di Desa ini diadakan sunatan massal bagi suku dayak yang baru masuk Islam dengan target 20 orang. Diluar dugaan, 36 warga suku dayak mendaftar, akhirnya 16 orang tidak bisa terlayani.

Desa berikutnya adalah Datah Bilang. Di Desa ini terdapat bangunan masjid yang bagus akan tetapi jamaah sholat 5 waktu tidak hidup. hanya sholat jum'at yang tertib dilaksanakan. Hal ini dikarenkan pemahaman yang dangkal akan Islam dan egoisme kesukuan. Taman Pendidikan Al Quran, sudah tutup sejak 2 tahun yang lalu karena tidak ada guru yang mengajar.Di sini ada da'i dari AMCF ( Asia Muslim Charity Foundation ) bernama ustadz Lukman, namun Dakwah di desa ini juga belum menampakkan hasil yang maksimal karena ia sendirian mengelola masyarakat. Ustadz Lukman berharap akan ada da'i yang membantu dakwahnya di desa ini.
















Share This :

0 komentar